Menu

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kompetensi penyuluh Agama Islam pada Kamis, 19 September 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di 100 Sunset Hotel & Boutique ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Penyuluh Agama Islam Non PNS, Pengurus Masjid dan Musholla serta pengurus Majelis Taklim Muallaf se-kabupaten Badung.
Kasi Bimas Islam Kemenag Badung, H. Bambang Sumantri selaku ketua panitia penyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatan kompetensi Penyuluh Agama Islam dalam melaksanakan pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat, mengingat keberadaan Penyuluh Agama Islam sangat penting dalam melakukan pembangunan melalui bahasa Agama.
“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi motivasi kerja bagi Penyuluh Agama Islam serta meningkatkan kualitas pengetahuan dan moral sehingga Penyuluh Agama Islam dapat melaksanakan perannya dengan baik ditengah-tengah masyarakat.” Ungkapnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Badung yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubag TU, Ibu Sagung Alit Suparmiati, “Melalui kegiatan ini diharapkan Penyuluh Agama Islam mampu menguasai teknis pembinaan di masyarakat, meningkatkan pengetahuan, wawasan dan profesionalisme kerja serta menjadi teladan dan panutan ditengah-tengah masyarakat”, ujarnya.
Ia menambahkan, Penyuluh Agama Islam harus mengambil peran dalam mewujudkan masyarakat yang taat beragama, rukun, cerdas, arif dan sejahtera lahir batin sesuai dengan Visi dan Misi Kementerian Agama, sebab penyuluh agama merupakan garda terdepan Kementerian Agama RI.
Peserta kegiatan ini mendapatkan empat materi yaitu: Kebijakan Pemerintah dibidang Bimbingan Masyarakat Islam oleh H. Amirulloh, M.Ag (Kasi Pengembangan Penyuluh Agama Islam Dirjen Bimas Islam Kemenag RI) ;Peranan Penyuluh Agama dalam Moderasi beragama oleh Drs. H. Nurkhamid, M.Ed (Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Bali) ;Tugas Pokok dan Fungsi Penyuluh Agama Islam Non PNS oleh Drs. I Gusti Agung Gede Manguningrat,M.Ag (Kepala Kantor Kemenag Badung); Metode Bimbingan dan Penyuluhan Agama Islam oleh Drs. H. Sholeh Wahid (MUI Badung).

Ba/admin

Posting Komentar

 
Top